Selasa, 03 Desember 2013

Mengenal Sejarah Jawara Merpati Balap dari Jember

BALIK NAMA

            Balik Nama adalah burung asli dari situbondo berwarna Kelabu terang Tongkol dengan selap putih disayap sebelah kiri bulu nomor 4 dan 6 serta tidak menggunakan ring (non ring), ciri lain pada kedua kaki tumbuh bulu segaris  dibagian dalam dan tidak lebat. Balik Nama sendiri anak dari Janur Kuning (Situbondo) dengan Betina warna Tritis Ring CHO (trah Cempaka), sedangkan kakek Balik nama adalah burung yang bernama Cepe dan kakek buyut Balik nama adalah Micky (Nyo Situbondo) disilang dengan betina anak 45 dimana burung tersebut juga masih milik Nyo. 
 
          Untuk Janur Kuning sendiri merupakan burung yang banyak mengeluarkan burung – burung top pada masa itu seperti Angel dan Baret merah (Nyo Situbondo) namun beda Indukan dengan Balik nama, Janur kuning sendiri pemilik aslinya Yadi Situbondo ( jokinya Nyo pada masa itu).

         Balik Nama sewaktu dijodohkan dengan betina anak Excellent  dengan anak Masa Kini (Nyo Situbondo) mengeluarkan Janoko ring 40 sang Fenomenal dan dengan burung inilah kemudian nama Janoko Team berkibar di mania andokan setanah air hingga saat ini. Asal muasal Balik nama sendiri adalah milik saudara Naiming (Situbondo) yang diternak oleh sdr. Yadi dimana pada saat itu sdr. Naiming membawa betina tritis Ring CHO (trah Cempaka) kemudian keluarlah Balik Nama. Setelah dewasa Balik nama mulai menunjukkan keisitimewaanya yakni dengan type terbang lop panjang – panjang dengan tembak yang keras, namun pada saat itu Balik nama terdpat kendala tidak mau hinggap di betinanya. Karena keistimewaan tersebut sehingga dibeli oleh Sdr. Patrik Haryanto seharga Rp. 7.5 jt pada tahun 1999. 

      Balik Nama memiliki kemampuan terbang di atas rata – rata, sehingga pada lomba di Situbondo sprinter – sprinter dari wilayah barat yang ditarungkan dengan Balik Nama pasti ditinggal setengah lapangan namun Balik Nama sendiri pada saat dibeli dalam kondisi burung rusak ( tidak mau nemplok di betina ). Kemudian ditangan Sdr. Patrik sprinter Balik Nama di perbaiki yang akhirnya kembali normal dan mau nemplok ke betina.  Setelah kembali dalam kondisi normal, Balik Nama mulai sering diikut sertakan lomba lokalan  serta mendapat juara wilyah jawa timur bagian timur lumajang, situbondo, jember dan banyuwangi, demikian halnya juga Balik Nama hanya sering di ikuti lomba lokal karena hasilnya lebih besar dibanding lomba nasional.

Sumber:
http://janokomozartbirdfarm.blogspot.com/2013/04/induk-jantan-janoko-mozart-team-smg.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CRV BRG 55 P.2010